Posted by : Unknown
Jumat, 18 November 2016
CONTOH SKRIPSI
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
- Implementasi
Sistem
Berikut adalah implementasi aplikasi mobile penjualan barang aksesoris,
dimana setiap halaman yang dibuat sesuai dengan perancangan yang sebelumnya
penulis desain. Aplikasi yang penulis buat ini dengan hak akses yang berbeda,
yaitu hak akses untuk pelanggan,
Pemilik
Toko, dan
Karyawan
yang memiliki hak akses penuh.
4.1 Halaman Awal Admin
Halaman ini merupakan halaman paling awal saat
pertama kali dibuka. Dalam halaman ini terdapat sebuah panel login untuk masuk ke halaman utama system pengolahan data.
Gambar
4.1 Halaman Awal Admin Login
4.2 Halaman Utama Admin
Setelah User meng-input-kan Username dan password
yang valid, maka selanjutnya sistem
akan mengalihkannya ke halaman utama pengolahan data.
Gamabar 4.2 Halaman utama Admin
4.2.1
Halaman Update
Barang Produk
Setelah muncul halaman admin klik panel yang ada di atas
terus klik prodak dan lanjutkan aksi pengupdatan barang yang ingin di update .
Gambar 4.3 halaman update barang
4.2.2 Halaman Input Kategori barang
Halaman
ini merupakan penginputan kategori barang dimana barang yang di inputkan sesuai
yang di harapkan misalkan klik kategori lampu dan aplikasi langsung menampilakn
kategori barang aksesoris lampu.
Gambar
4.4 Halaman Input Kategori Barang
4.2.3 Halaman Cek Pembelian
Halaman
cek pembelian atau pelanggan yang mengOrder terdapat di menu order, admin bisa
melihat siapa saja yang membeli barang di aplikasi griya shope tersebut.
Gambar
4.5 Halaman Cek Pembelian
4.2.4 Halaman Cek Pembayaran
Halaman
cek pembayaran ada menu order terdapat nama pengorder lalu klik detail dan
admin mengetahui pembayaran yang sudah masuk dan masukan no resi lalu ganti status
dan tahap selanjutnya.
Gambar
4.6 Halaman Pembayaran
4.2.5 Halaman Pengiriman
Halaman pengiriman barang klik menu order dan
selanjutnya klik detail dimana admin akan menunggu bukti pembayaran yang telah
dilakukan pembeli, kemudian admin mengupdate status resi kemudian baru barang
akan di kirim.
Gambar
4.7 Halaman Pengiriman
4.2.6 Halaman Lihat Barang
Halaman ini menampikan halaman awal
yang berisi daftar buku barang aksesoris, digunakan oleh karyawan Toko Griya
untuk melakukan proses penjualan barang bagi pelanggan.
Gambar
4.8 Halaman Awal Aplikasi
4.2.7 Halaman Beli Barang
Sebelum
masuk ke halaman barang pelanggan harus memilih barang yang akan dibeli dan
mengklik barang tersebut.
Gambar
4.9 Halaman Beli Barang
Di
dalam Halaman Pembelian terdapat Update keranjang untuk mengupdate barang yang
sudah di klik dan lanjutkan belanja dimana bila customer ingin membeli beberapa
barang maka klik lanjutkan berbelanja.
4.2.8 Halaman Pembayaran
Halaman
pembayaran masih di halaman beli barang dimana terdapat dibawah untuk
pembayaran di toko Griya Motor.
Gambar 4.10 Halaman Pembayaran
4.2.9 Halaman Konfimasi Pembayaran
Halam
konfirmasi pembayaran Masih terdapat di beli barang, cutomer atau pelanggan
yang sudah melakukan pembayaran harus melakukan konfirmasi pembayaran melalui
number telpon Toko Griya atau melalui Email toko yang sudah disediakan di atas
untuk pembuktian pembayaran.
Gambar 4.11 Halaman Komfirmasi pembayaran
4.3
Pengujian
Sistem
Pengujian merupakan hal terpenting yang
bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahan atau kekurangan-kekurangan pada
perangkat lunak yang akan diuji. Pengujian bermaksud untuk mengetahui perangkat
lunak yang dibuat sudah memenuhi kriteria yang sesuai dengan tujuan perancangan
perangkat lunak tersebut.
Ada dua jenis pengujian yang akan
digunakan oleh penulis, yaitu pengujian kotak hitam (black box testing) dan pengujian kotak putih (white box testing).
4.3.1
Pengijian
Kotak Hitam (Black Box Testing)
Black box
testing adalah pengujian yang dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui
data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Adapaun kriteria
pengujian fungsional perangkat lunak yang baik dapat dilihat pada tabel 4.1
Pengujian Kotak Hitam (Black Box Testing).
Tabel 4.1 Pengujian Kotak Hitam
No.
|
Fungsi
|
Cara Uji
|
Hasil Yang Diharapkan
|
Tampilan
|
Kesimpulan
|
1.
|
Registrasi
|
Mengisi form registrasi lalu klik registrasi
|
Tampil form registrasi
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
2.
|
Login pelanggan
|
Mengisi form login laku klik login
|
Masuk ke halam utama sistem
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
3.
|
Menu Home
|
Menekan panel home
|
Tampil halaman kategori
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
4.
|
Menu kategori
|
Menekan menu kategori lalu memilih menu produk berdasarkan
kategori.
|
Tampil halaman kategori sesuai kategori yang dipilih.
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
5.
|
Menu cara pembelian
|
Menekan menu panel cara pembelian
|
Tampil halaman cara pembelian
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
6.
|
Menu cari barang
|
Mengisi dan menekan tombol cari.
|
Tampil sesuai keyword.
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
7.
|
Menu beli
|
Menekan gambar atau ADD TO CART pada produk
|
Tampil gambar dan harga barang
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
8.
|
Menu keranjang belanja
|
Menekan keranjang belanja
|
Tampil barang yang dibeli
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
9.
|
Menu lanjut belanja
|
Menekan tombol lanjut berbelanja
|
Tampil halaman home
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
10.
|
Menu update keranjang
|
Merubah jumlah dan menekan update keranjang.
|
Jumlah produk berubah sesuai jumlah yang dimasukan
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
11.
|
Menu selesai belanja.
|
Menekan tombol selesai belanja.
|
Tampil detail barang dan data pembelian.
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
12.
|
Menu logout
|
Menekan tombol logout.
|
Tampil dan keluar dari sistem
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
13.
|
Login Admin
|
Mengisi form login
|
Masuk ke halaman admin
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
14.
|
Menu User
|
Menekan tombol user
|
Masuk ke halaman user
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
15.
|
Menu kategori
|
Menekan tombol kategori
|
Masuk ke halaman kategori
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
16.
|
Menu produk
|
Menekan tombol produk
|
Masuk ke halaman produk
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
17.
|
Menu cek beli/order
|
Menekan tombol order order
|
Menampilkan pelanggan yang sudah melakukan pembelian
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
18.
|
Menu order/pembayaran
|
Menunggu pembayaran masuk/menunggu konfirmasi
|
Melakukan pengupdate no resi
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
19.
|
Order/pengiriman
|
Menunggu pembuktian pembayaran
|
Melakukan pergantian status barang dan siap dikirim
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
20.
|
Menu pesan pelanggan
|
Menekan tombol pesa pelanggan
|
Untuk mengetahui pelanggan yang komplen dll.
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
21.
|
Menu profil ongkos kirim
|
Menekan ongkos kirim untuk pengiriman barang
|
Menampilkan ongkos kirim JNE sesuai wilayah
|
Sesuai harapan
|
Valid
|
4.3.2
Pengujian Kotak Putih (white Box Testing)
Pengujian Kotak Putih (White Box Testing)adalah pengujian yang didasarkan pada pengecekan
terhadap detil perancangan, menggunakan struktur kontrol dari desain program
secara procedural untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian.
Penulis melakukan pengujian kotak putih terhadap aksi_login.php , seperti pada
tabel dibawah ini .
Tabel 4.2 Pengujian Kotak Putih (white box testing).
|
<?php
if(isset($_POST['masuk'])){
$pass = mysql_real_escape_string(htmlentities($_POST['password']));
$sql = mysql_query("SELECT * FROM user WHERE email='$email' AND
password='$pass'") or die(mysql_error());
echo '<div class="alert
alert-danger" role="alert">
<strong>Login
Gagal!</strong> Akun tidak ditemukan atau di blokir.
</div>';
}else{
$row = mysql_fetch_assoc($sql);
if($row['level'] == 1){
$_SESSION['admin']=$email;
echo '<script>window.location =
"admin/index.php?module=home";</script>';
}else{
$_SESSION['user']=$email;
echo '<script>window.location
= "index.php?content=home";</script>';
}
}
}
?>
|
Berdasarkan tabel
diatas maka dapat dibentuk flow graph seperti di bawah ini:
1
|
3
|
2
|
Gambar 4.12 flow
Graph Aksi Login
Keterangan
:
Edge/
Menggambarkan Aksi
Dari
gambar diatas dapat dihitung Cuclomatic complexity,
yaitu :
V(G) = E – N + 2
Diketahui : E = (jumlah edge pada flow graph) = 3
N = (jumlah node pada flow graph) = 3
Maka, V(G) = E – N + 2
= 3 – 3 + 2
Hasil dari perhitungan Cyclomatic Complexity adalah 2
Berdasarkan Cyclomatic
Complexity tersebut, maka terdapat 2 path atau jalur yang terdiri dari :
Path 1 : 1 – 2
Path 2 : 1 – 3 – 1 – 2
BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
Setelah melakukan
analisis dan implementasi sistem yang dilanjutkan dengan pengujian sistem, maka
dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.
Aplikasi Layanan
E-Commerce yang dibangun dapat memberikan kemudahan kepada konsumen atau
pelanggan untuk mengetahui informasi barang aksesoris motoryang ada ditoko
Griya Motor.
2.
Aplikasi Layanan
E-commerce ini menjadi salah satu alternatif proses pembelian
aksesoris motor berbasis online atau mobile.
3.
Dengan
mengimplementasikan E-commerce pada aplikasi
mobile pembeli aksesoris motor dapat menjalin hubungan dengan pelanggan.
4.
Dengan adanya
aplikasi penjualan aksesoris berbasis android guna meningkatkan
dan loyalitas pelanggan.
5.2 SARAN
Dalam Toko Griya Motor
yang dibangun masih terdapat beberapa kekurangan yang dapat diperbaiki untuk
kesempurnaan skripsi ini. makan penulis memberikan saran-saran sebagai berikut
:
1.
Pengembangan
dalam versi mobile ini dalam tahap
belum sempurna dan harus memiliki koneksi yang sangat bagus.
2.
penambahan
fitur-fitur lainnya untuk lebih meningkatkan minat pelanggan.
3.
Perlu
pengembangan sistem yang lebih lanjut khususnya pada sistem konfirmasi
pembayaran yang sangat sederhana.