Posted by : Unknown Jumat, 18 November 2016

CONTOH SKRIPSI 

BAB IV

IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN


  1. Implementasi Sistem

Berikut adalah implementasi aplikasi mobile penjualan barang aksesoris, dimana setiap halaman yang dibuat sesuai dengan perancangan yang sebelumnya penulis desain. Aplikasi yang penulis buat ini dengan hak akses yang berbeda, yaitu hak akses untuk pelanggan, Pemilik Toko, dan Karyawan yang memiliki hak akses penuh.

4.1 Halaman Awal Admin

Halaman ini merupakan halaman paling awal saat pertama kali dibuka. Dalam halaman ini terdapat sebuah panel login untuk masuk ke halaman utama system pengolahan data.
Gambar 4.1 Halaman Awal Admin Login

4.2 Halaman Utama Admin

Setelah User meng-input-kan Username dan password yang valid, maka selanjutnya sistem akan mengalihkannya ke halaman utama pengolahan data.
Gamabar 4.2 Halaman utama Admin

4.2.1        Halaman Update Barang Produk


Setelah muncul halaman admin klik panel yang ada di atas terus klik prodak dan lanjutkan aksi pengupdatan barang yang ingin di update .
Gambar 4.3 halaman update barang

4.2.2        Halaman Input Kategori barang


Halaman ini merupakan penginputan kategori barang dimana barang yang di inputkan sesuai yang di harapkan misalkan klik kategori lampu dan aplikasi langsung menampilakn kategori barang aksesoris lampu.
Gambar 4.4 Halaman Input Kategori Barang

4.2.3        Halaman Cek Pembelian

 

Halaman cek pembelian atau pelanggan yang mengOrder terdapat di menu order, admin bisa melihat siapa saja yang membeli barang di aplikasi griya shope tersebut.
Gambar 4.5 Halaman Cek Pembelian

4.2.4        Halaman Cek Pembayaran


Halaman cek pembayaran ada menu order terdapat nama pengorder lalu klik detail dan admin mengetahui pembayaran yang sudah masuk dan masukan no resi lalu ganti status dan tahap selanjutnya.
Gambar 4.6 Halaman Pembayaran



4.2.5        Halaman Pengiriman


Halaman pengiriman barang klik menu order dan selanjutnya klik detail dimana admin akan menunggu bukti pembayaran yang telah dilakukan pembeli, kemudian admin mengupdate status resi kemudian baru barang akan di kirim.
Gambar 4.7 Halaman Pengiriman


4.2.6        Halaman Lihat Barang


Halaman ini menampikan halaman awal yang berisi daftar buku barang aksesoris, digunakan oleh karyawan Toko Griya untuk melakukan proses penjualan barang bagi pelanggan.
Gambar 4.8 Halaman Awal Aplikasi

4.2.7        Halaman Beli Barang


Sebelum masuk ke halaman barang pelanggan harus memilih barang yang akan dibeli dan mengklik barang tersebut.
Gambar 4.9 Halaman Beli Barang
Di dalam Halaman Pembelian terdapat Update keranjang untuk mengupdate barang yang sudah di klik dan lanjutkan belanja dimana bila customer ingin membeli beberapa barang maka klik lanjutkan berbelanja.

4.2.8        Halaman Pembayaran


Halaman pembayaran masih di halaman beli barang dimana terdapat dibawah untuk pembayaran di toko Griya Motor.
Gambar 4.10 Halaman Pembayaran

4.2.9        Halaman Konfimasi Pembayaran


Halam konfirmasi pembayaran Masih terdapat di beli barang, cutomer atau pelanggan yang sudah melakukan pembayaran harus melakukan konfirmasi pembayaran melalui number telpon Toko Griya atau melalui Email toko yang sudah disediakan di atas untuk pembuktian pembayaran.
Gambar 4.11 Halaman Komfirmasi pembayaran
4.3      Pengujian Sistem
Pengujian merupakan hal terpenting yang bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahan atau kekurangan-kekurangan pada perangkat lunak yang akan diuji. Pengujian bermaksud untuk mengetahui perangkat lunak yang dibuat sudah memenuhi kriteria yang sesuai dengan tujuan perancangan perangkat lunak tersebut.
Ada dua jenis pengujian yang akan digunakan oleh penulis, yaitu pengujian kotak hitam (black box testing) dan pengujian kotak putih (white box testing).



4.3.1        Pengijian Kotak Hitam (Black Box Testing)
Black box testing adalah pengujian yang dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Adapaun kriteria pengujian fungsional perangkat lunak yang baik dapat dilihat pada tabel 4.1 Pengujian Kotak Hitam (Black Box Testing).
Tabel 4.1 Pengujian Kotak Hitam
No.
Fungsi
Cara Uji
Hasil Yang Diharapkan
Tampilan
Kesimpulan
1.
Registrasi
Mengisi form registrasi lalu klik registrasi
Tampil form registrasi
Sesuai harapan
Valid
2.
Login pelanggan
Mengisi form login laku klik login
Masuk ke halam utama sistem
Sesuai harapan
Valid
3.
Menu Home
Menekan panel home
Tampil halaman kategori
Sesuai harapan
Valid
4.
Menu kategori
Menekan menu kategori lalu memilih menu produk berdasarkan kategori.
Tampil halaman kategori sesuai kategori yang dipilih.
Sesuai harapan
Valid
5.
Menu cara pembelian
Menekan menu panel cara pembelian
Tampil halaman cara pembelian
Sesuai harapan
Valid
6.
Menu cari barang
Mengisi dan menekan tombol cari.
Tampil sesuai keyword.
Sesuai harapan
Valid
7.
Menu beli
Menekan gambar atau ADD TO CART pada produk
Tampil gambar dan harga barang
Sesuai harapan
Valid
8.
Menu keranjang belanja
Menekan keranjang belanja
Tampil barang yang dibeli
Sesuai harapan
Valid
9.
Menu lanjut belanja
Menekan tombol lanjut berbelanja
Tampil halaman home
Sesuai harapan
Valid
10.
Menu update keranjang
Merubah jumlah dan menekan update keranjang.
Jumlah produk berubah sesuai jumlah yang dimasukan
Sesuai harapan
Valid
11.
Menu selesai belanja.
Menekan tombol selesai belanja.
Tampil detail barang dan data pembelian.
Sesuai harapan
Valid
12.
Menu logout
Menekan tombol logout.
Tampil dan keluar dari sistem
Sesuai harapan
Valid
13.
Login Admin
Mengisi form login
Masuk ke halaman admin
Sesuai harapan
Valid
14.
Menu User
Menekan tombol user
Masuk ke halaman user
Sesuai harapan
Valid
15.
Menu kategori
Menekan tombol kategori
Masuk ke halaman kategori
Sesuai harapan
Valid
16.
Menu produk
Menekan tombol produk
Masuk ke halaman produk
Sesuai harapan
Valid
17.
Menu cek beli/order
Menekan tombol order order
Menampilkan pelanggan yang sudah melakukan pembelian
Sesuai harapan
Valid
18.
Menu order/pembayaran
Menunggu pembayaran masuk/menunggu konfirmasi
Melakukan pengupdate no resi
Sesuai harapan
Valid
19.
Order/pengiriman
Menunggu pembuktian pembayaran
Melakukan pergantian status barang dan siap dikirim
Sesuai harapan
Valid
20.
Menu pesan pelanggan
Menekan tombol pesa pelanggan
Untuk mengetahui pelanggan yang komplen dll.
Sesuai harapan
Valid
21.
Menu profil ongkos kirim
Menekan ongkos kirim untuk pengiriman barang
Menampilkan ongkos kirim JNE sesuai wilayah
Sesuai harapan
Valid

4.3.2        Pengujian Kotak Putih (white Box Testing)
Pengujian Kotak Putih (White Box Testing)adalah pengujian yang didasarkan pada pengecekan terhadap detil perancangan, menggunakan struktur kontrol dari desain program secara procedural untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian. Penulis melakukan pengujian kotak putih terhadap aksi_login.php , seperti pada tabel dibawah ini .
Tabel 4.2 Pengujian Kotak Putih (white box testing).






<?php
if(isset($_POST['masuk'])){
1
   $email = mysql_real_escape_string(htmlentities($_POST['email']));
   $pass = mysql_real_escape_string(htmlentities($_POST['password']));
2
 
   $sql = mysql_query("SELECT * FROM user WHERE email='$email' AND password='$pass'") or die(mysql_error());
3
   if(mysql_num_rows($sql) == 0){
      echo '<div class="alert alert-danger" role="alert">
               <strong>Login Gagal!</strong> Akun tidak ditemukan atau di blokir.
            </div>';
   }else{
      $row = mysql_fetch_assoc($sql);
      if($row['level'] == 1){
         $_SESSION['admin']=$email;
                         echo '<script>window.location = "admin/index.php?module=home";</script>';
      }else{
         $_SESSION['user']=$email;
         echo '<script>window.location = "index.php?content=home";</script>';
      }
   }
}
?>

Berdasarkan tabel diatas maka dapat dibentuk flow graph seperti di bawah ini:
1
3
2
 




Gambar 4.12 flow Graph Aksi Login

Keterangan :


                               Node / Menggambarkan kondisi

                                Edge/ Menggambarkan Aksi
Dari gambar diatas dapat dihitung Cuclomatic complexity, yaitu :
V(G) = E – N + 2
Diketahui : E = (jumlah edge pada flow graph) = 3
                   N = (jumlah node pada flow graph) = 3
Maka, V(G) = E – N + 2
= 3 – 3 + 2
Hasil dari perhitungan Cyclomatic Complexity adalah 2
Berdasarkan Cyclomatic Complexity tersebut, maka terdapat 2 path atau jalur yang terdiri dari :
Path 1 : 1 – 2
Path 2 : 1 – 3 – 1 – 2



BAB V
PENUTUP
5.1       KESIMPULAN
Setelah melakukan analisis dan implementasi sistem yang dilanjutkan dengan pengujian sistem, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.      Aplikasi Layanan E-Commerce yang dibangun dapat memberikan kemudahan kepada konsumen atau pelanggan untuk mengetahui informasi barang aksesoris motoryang ada ditoko Griya Motor.
2.      Aplikasi Layanan E-commerce ini menjadi salah satu alternatif proses pembelian aksesoris motor berbasis online atau mobile.
3.      Dengan mengimplementasikan E-commerce pada aplikasi mobile pembeli aksesoris motor dapat menjalin hubungan dengan pelanggan.
4.      Dengan adanya aplikasi penjualan aksesoris berbasis android guna meningkatkan dan loyalitas pelanggan.



5.2       SARAN
Dalam Toko Griya Motor yang dibangun masih terdapat beberapa kekurangan yang dapat diperbaiki untuk kesempurnaan skripsi ini. makan penulis memberikan saran-saran sebagai berikut :
1.      Pengembangan dalam versi mobile ini dalam tahap belum sempurna dan harus memiliki koneksi yang sangat bagus.
2.      penambahan fitur-fitur lainnya untuk lebih meningkatkan minat pelanggan.
3.      Perlu pengembangan sistem yang lebih lanjut khususnya pada sistem konfirmasi pembayaran yang sangat sederhana.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Cap Nemo Ceuking - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -