Posted by : Unknown
Rabu, 26 Oktober 2016
E-COMMERCE AKSESORIS MOTOR BERBASIS MOBILE ANDROID PADA
TOKO GRIYA MOTOR CIAWIGEBANG
1.1 Latar Belakang Masalah
Hampir disetiap wilayah di Indonesia masyarakat memiliki
kendaraan sepada motor. Sepada motor merupakan salah satu alat transportasi
bagi masyarakat di Indonesia maupun dunia. Bahkan di Indonesia sendiri pada
tahun 2015 kemarin penjualan kendaraan
sepada motor mengalami kenaikan sampai 16%. Disamping itu industri sepeda motor
tidak hanya menjual sepeda motornya saja, perusahaan pun menjual berbagai
aksesoris yang dapat menunjang performa sepeda motor menjadi sesuai keinginan
konsumen.
Dengan adanya aksesoris motor diharapkan perusahaan
bisnis penjualan sepeda motor dapat mengalami kenaikan yang lebih signifikan. Perusahaan
diharapkan dapat menjual aksesoris motor sesuai dengan tipe motor dan juga
selera konsumen. Agar penjualan aksesoris motor dapat berjalan beriringan
dengan penjualan sepeda motor.
Toko Griya Motor Ciawigebang adalah Toko Aksesoris yang
berada di Jl.Siliwangi No.45 Desa Ciawigebang
Kec. Ciawigebang Kab. Kuningan. Toko Griya Motor ini menjual berbagai
aksesoris motor dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan pesaingnya.
Bahkan Toko Griya Motor Ciawigebang menyediakan aksesoris motor dengan kualitas
asli buatan perusahaan motor itu sendiri. Adapun produk aksesoris yang di jual
oleh Toko Griya Motor Ciawigebang di antaranya : knalpot racing, lampu variasi,
vairing, velg, dan masih banyak yang lainnya juga.
Toko Griya Motor Ciawigebang menerapkan sistem penjualan
aksesoris kepada konsumen secara manual dengan proses bisnis menunggu konsumen
di toko dan transaksi dilakukan langsung di tempat. Konsumen Griya Motor
sendiri kebanyakan mengandalkan dari wilayah sekitar Toko Griya Motor
Ciawigebang. Oleh sebab itu, banyak barang aksesoris Griya Motor yang tidak
terpublikasikan kepada masyarakat luas. Jadi untuk pengembangan bisnis
penjualan aksesoris ini sulit untuk
berkembang karena kegiatan-kegiatan bisnis hanya mengandalkan konsumen
terdekat.
E-Commerce merupakan salah satu kegiatan-kegiatan bisnis yang
menyangkut konsumen (consumers),
manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara
(intermediaries) dengan mengunakan
jaringan-jaringan komputer (computer networks)
yaitu internet, sehingga dapat mempermudah konsumen atau pelanggan yang akan
membeli aksesoris supaya dapat mengakses melalui internet dan secara online.
Menurut
Onno W. Purbo dan Aang Arif Wahyudi dalam David Baum (2001:2) memberikan
pengertian “E-commerce sebagai satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan
proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu
melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi
yang dilakukan secara elektronik”. Dapat disimpulkan bahwa E-commerce
yaitu berarti membeli atau menjual secara electronic yang dilakukan
pada jaringan internet. E-commerce terlihat lebih nyata, dengan adanya
kebutuhan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.
Sudah kita ketahui bahwa perkembangan teknologi seluler
saat ini semakin pesat. Hanya dengan sebuah telepon seluler kini kita dapat
melakukan banyak hal dan juga yang sekarang sering digunakan adalah untuk
menjalankan aplikasi-aplikasi mobile
sebagai sarana hiburan, jejaring sosial ataupun sebagai media untuk mendapatkan
dan mengolah data informasi.
Salah satu sistem operasi yang saat ini semakin
berkembang adalah Android. Bisa dipastikan, jumlah
perangkat berbasis Android yang berada di tangan pengguna di Indonesia bakal
bertambah secara signifikan. Dengan
semakin berkembangnya perangkat mobile serta teknologi yang menyertainya
akan sangat berpengaruh pada perkembangan aplikasi mobile. Perkembangan
aplikasi mobile tersebut akhirnya memberikan dampak pada berbagai bidang
kehidupan kita. Salah satunya adalah bidang penjualan.
Dari latar belakang diatas maka akan dibuat suatu
aplikasi yang berjenis e-commerce penjualan
aksesoris motor menggunakan Android. Pembuatan aplikasi e-commerce menggunakan Android ini diharapkan dapat membantu
konsumen dalam membeli suatu barang dengan mudah dan cepat secara online tanpa harus pergi ke Toko Griya
Motor Ciawigebang. Maka, penulis
menyusunnya dalam tugas proposal skripsi ini dengan judul “E-Commerce Aksesoris Motor Berbasis Mobile Android Pada
Toko Griya Motor Ciawigebang”.
1.2 Identifikasi
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka
dapat teridentifikasi beberapa masalah diantaranya sebagai berikut :
1. Toko
Griya Motor Ciawigebang ini tidak memberikan informasi tentang penjualan
aksesoris yang terdapat di Toko tersebut secara online.
2. Informasi
yang didapat oleh pelanggan hanya pada saat pelanggan berkunjung ke Toko Griya
Motor Ciawigebang.
3. Belum
adanya sistem yang menerapkan E-commerce dan
menyediakan informasi mengenai penjualan aksesoris berbasis Android di Toko Griya Motor Ciawigebang.
1.3 Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
diuraikan di atas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini
adalah sebagai berikut :
1. Pembuatan
mobile Android penjualan aksesoris
motor sebagai media publikasi yang ditujukan untuk pelanggan dalam
pengimplementasiannya menggunakan E-commerce
pada Toko Griya Motor Ciawigebang.
2. Sistem
dapat memberi informasi mengenai ketersediaan penjualan aksesoris motor kepada
pelanggan melalui aplikasi mobile Android pada Toko Griya Motor Ciawigebang.
3. Model
yang digunakan E-commerce pada Toko
Griya Motor Ciawigebang yaitu melalui Business to Customer (B2C) yang
dilakukan secara langsung oleh toko kepada pelanggan perseorangan atau
secara individu.
4.
Toko online Aksesoris Motor sejenis yang
digunakan sebagai pembanding yaitu www.ModifMotor1.com, www.PasswordRacing.com,
dan www.MotorVariasi.net.
5.
Pembuatan sistem ini menggunakan Eclipce,
Java SDK dan Notepad++ pada Toko Griya Motor Ciawigebang.
1.4 Pertanyaan Penelitian
Bagaimana
E-commerce
dapat memberikan informasi penjualan dan melayani pelanggan
dalam melakukan pembelian berbasis mobile Android pada Toko Griya Motor
Ciawigebang?
1.5 Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan menjadi pokok
pembahasan yang akan diangkat oleh penulis adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana
proses pembelian yang diterapkan pada Toko Griya Motor Ciawigebang?
2. Bagaimana
merancang sebuah sistem yang dapat membantu pelanggan mendapat informasi
berbasis mobile Android pada Toko Griya Motor Ciawigebang?
3. Bagaimana
merancang sistem yang dapat mengimplementasikan E-commerce aksesoris motor pada Toko Griya Motor Ciawigebang
berbasis mobile Android?
1.6 Metodologi Penelitian
1.6.1
Metode Pengumpulan Data
Metode penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data
yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1. Wawancara
Melakukan tanya jawab pada pemilik Toko
Griya Motor Ciawigebang agar penelitian yang dilakukan sesuai dengan
masalah yang terjadi serta mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk
menyelesaikan suatu permasalahan.
2. Observasi
Melakukan observasi dengan
mengamati proses apa saja yang terjadi dan berdasarkan pengalaman sebagai
pelanggan Toko Griya Motor Ciawigebang.
3. Studi
Pustaka
Dengan cara mencari
referensi-referensi dari buku maupun internet sebagai bahan acuan dalam
penyelesaian penelitian ini.
1.6.2
Metodologi
Pengembangan Perangkat Lunak:
Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan
model waterfall, pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau
berturut.
Gambar 1.1 Model Waterfall (Rosa dan
Shalahuddin, 2013)
Adapun penjelasan dari model
waterfall adalah sebagi berikut:
1. Analisis
Proses
pengumpulan kebutuhan dilakukan secara intensif untuk mespesifikasikan
kebutuhan perangkat lunak agar dapat dipahami perangkat lunak seperti apa yang
dibutuhkan oleh user. Spesifikasi
kebutuhan perangkat lunak pada tahap ini perlu untuk didokumentasikan.
Pada tahapan ini
penulis mempelajari mengenai karakteristik yang dibutuhkan untuk membuat sistem
yang sesuai dengan proses bisnis yang terjadi, dan mencari apa saja yang
menjadi permasalahan yang dihadapi oleh Toko Griya Motor Ciawigebang ini, dan
mulai melakukan pengumpulan data yang
dibutuhkan.
2. Desain
Desain perangkat
lunak adalah proses multi langkah yang fokus pada desain pembuatan program
perangkat lunak termasuk struktur data,arsitektur perangkat lunak, representasi
antarmuka, dan prosedur pengkodean. Tahap ini mentranlasi desain agar dapat
diimplementasikan menjadi program pada tahap selanjutnya. Desain perangkat
lunak yang dihasilkan pada tahap ini juga perlu didokumentasikan.
Pada tahapan ini
penulis menggambarkan bagaimana sistem akan dibuat dengan melakukan perancangan
data, memilih basis data yang akan digunakan untuk membangun sistem.
Perancangan arsitektur dengan menggunakan tools yang dapat menggambarkan
sistem, dan melakukan perancangan antar muka.
3. Pembuatan Kode Program
Desain harus
ditranslasikan ke dalam program perangkat lunak. Hasil dari tahap ini adalah
program komputer sesuai dengan desain yang telah dibuat pada tahap desain.
Pada
tahapan ini penulis sudah mulai melakukan pengkodean program sesuai dengan
kebutuhan yang sudah didefinisikan pada tahap desain, dan melakukan dokumentasi kode.
4. Pengujian
Pengujian fokus
pada perangkat lunak secara dari segi lojik dan fungsional dan memastikan bahwa
semua bagian sudah diuji. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan (error) dan memastikan keluaran yang
dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.
Pada tahapan ini penulis melakukan pengujian untuk
memastikan apakah sistem yang dibangun sudah sesuai dengan apa
yang telah harapkan atau belum dengan menggunakan blackbox testing dan whitebox
testing, dan mencari kesalahan pada sistem dan memperbaiki kesalahan pada
sistem.
5. Pendukung
(support) atau Pemeliharaan (maintenance)
Tahap pendukung
atau pemeliharaan dapat mengulangi proses pengembangan mulai dari analisis
spesifikasi untuk perubahan perangkat lunak yang sudah ada, tapi tidak untuk
membuat perangkat lunak yang baru.
Tahapan ini
penulis melakukan pemeliharaan pada sistem yang sudah mulai implementasikan,
melakukan perbaikan jika terjadi kesalahan pada sistem.
1.7 Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan saya dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Membangun
sebuah sistem aplikasi E-Commerce pada
Toko Griya Motor Ciawigebang yang mampu
memberikan informasi kepada pelanggannya.
2.
Membangun
sebuah sistem agar pelanggan dapat melakukan pembelian secara online.
3. Menyelesaikan
masalah penjualan yang dihadapi oleh Toko Griya Motor Ciawigebang yang
tergolong manual dengan bantuan teknologi komputer.
1.8 Manfaat Penelitian
1. Sistem
aplikasi E-Commerce pada Toko Griya
Motor Ciawigebang berbasis mobile Android akan menunjang dalam memperkenalkan
Toko Griya Motor Ciawigebang ke lingkungan yang lebih luas, sehingga dapat
meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan.
2. Pelanggan
mengetahui aksesoris motor yang ada di Toko Griya Motor Ciawigebang secara online melalui mobile Android.
3. Pemilik
dapat melakukan promosi penjualan menggunakan sistem aplikasi E-Commerce secara online melalui mobile
Android pada Toko Griya Motor Ciawigebang.
1.9 Jadwal Kegiatan Penelitian
Jadwal
pembuatan penelitian direncanakan akan dimulai bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2016. Berikut ini adalah
tabel susunan kegiatan yang akan dilaksanakan selama skripsi:
Tabel
1.1. Tabel Jadwal Kegiatan Penelitian
No
|
Kegiatan
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Analisis kebutuhan
perangkat lunak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Desain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pembuatan kode
program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengujian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pendukung/
Pemeliharaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR PUSTAKA
Purbo, W, Onno. 2001, Buku Pintar Internet Membangun
Web E-Commerce, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Komputer, Wahana. 2006, Apa dan Bagaimana E-Commerce,
ANDI, Yogyakarta.
Rachmawati, Pramyta, Ayu. 2012, Aplikasi Pengatur Pola Hidup Sehat Berbasis
Android, UPN Veteran, Jawa Timur.
Hermawan S, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android.
Penerbit Andi.