Posted by : Unknown Rabu, 26 Oktober 2016

E-COMMERCE AKSESORIS MOTOR BERBASIS MOBILE ANDROID PADA TOKO GRIYA MOTOR CIAWIGEBANG

1.1  Latar Belakang Masalah
Hampir disetiap wilayah di Indonesia masyarakat memiliki kendaraan sepada motor. Sepada motor merupakan salah satu alat transportasi bagi masyarakat di Indonesia maupun dunia. Bahkan di Indonesia sendiri pada tahun 2015 kemarin  penjualan kendaraan sepada motor mengalami kenaikan sampai 16%. Disamping itu industri sepeda motor tidak hanya menjual sepeda motornya saja, perusahaan pun menjual berbagai aksesoris yang dapat menunjang performa sepeda motor menjadi sesuai keinginan konsumen.
Dengan adanya aksesoris motor diharapkan perusahaan bisnis penjualan sepeda motor dapat mengalami kenaikan yang lebih signifikan. Perusahaan diharapkan dapat menjual aksesoris motor sesuai dengan tipe motor dan juga selera konsumen. Agar penjualan aksesoris motor dapat berjalan beriringan dengan penjualan sepeda motor.
Toko Griya Motor Ciawigebang adalah Toko Aksesoris yang berada di Jl.Siliwangi No.45 Desa Ciawigebang  Kec. Ciawigebang Kab. Kuningan. Toko Griya Motor ini menjual berbagai aksesoris motor dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan pesaingnya. Bahkan Toko Griya Motor Ciawigebang menyediakan aksesoris motor dengan kualitas asli buatan perusahaan motor itu sendiri. Adapun produk aksesoris yang di jual oleh Toko Griya Motor Ciawigebang di antaranya : knalpot racing, lampu variasi, vairing, velg, dan masih banyak yang lainnya juga.
Toko Griya Motor Ciawigebang menerapkan sistem penjualan aksesoris kepada konsumen secara manual dengan proses bisnis menunggu konsumen di toko dan transaksi dilakukan langsung di tempat. Konsumen Griya Motor sendiri kebanyakan mengandalkan dari wilayah sekitar Toko Griya Motor Ciawigebang. Oleh sebab itu, banyak barang aksesoris Griya Motor yang tidak terpublikasikan kepada masyarakat luas. Jadi untuk pengembangan bisnis penjualan aksesoris ini  sulit untuk berkembang karena kegiatan-kegiatan bisnis hanya mengandalkan konsumen terdekat.
E-Commerce merupakan salah satu kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan mengunakan jaringan-jaringan komputer (computer networks) yaitu internet, sehingga dapat mempermudah konsumen atau pelanggan yang akan membeli aksesoris supaya dapat mengakses melalui internet dan secara online.
Menurut Onno W. Purbo dan Aang Arif Wahyudi dalam David Baum (2001:2) memberikan pengertian “E-commerce sebagai satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik”. Dapat disimpulkan bahwa E-commerce yaitu berarti membeli atau menjual secara electronic yang dilakukan pada jaringan internet. E-commerce terlihat lebih nyata, dengan adanya kebutuhan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.
Sudah kita ketahui bahwa perkembangan teknologi seluler saat ini semakin pesat. Hanya dengan sebuah telepon seluler kini kita dapat melakukan banyak hal dan juga yang sekarang sering digunakan adalah untuk menjalankan aplikasi-aplikasi mobile sebagai sarana hiburan, jejaring sosial ataupun sebagai media untuk mendapatkan dan mengolah data informasi.
Salah satu sistem operasi yang saat ini semakin berkembang adalah Android. Bisa dipastikan, jumlah perangkat berbasis Android yang berada di tangan pengguna di Indonesia bakal bertambah secara signifikan. Dengan semakin berkembangnya perangkat mobile serta teknologi yang menyertainya akan sangat berpengaruh pada perkembangan aplikasi mobile. Perkembangan aplikasi mobile tersebut akhirnya memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan kita. Salah satunya adalah bidang penjualan.
Dari latar belakang diatas maka akan dibuat suatu aplikasi yang berjenis e-commerce penjualan aksesoris motor menggunakan Android. Pembuatan aplikasi e-commerce menggunakan Android ini diharapkan dapat membantu konsumen dalam membeli suatu barang dengan mudah dan cepat secara online tanpa harus pergi ke Toko Griya Motor Ciawigebang. Maka, penulis menyusunnya dalam tugas proposal skripsi ini dengan judul E-Commerce Aksesoris Motor Berbasis Mobile Android Pada Toko Griya Motor Ciawigebang.

1.2  Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat teridentifikasi beberapa masalah diantaranya sebagai berikut :
1.      Toko Griya Motor Ciawigebang ini tidak memberikan informasi tentang penjualan aksesoris yang terdapat di Toko tersebut secara online.
2.      Informasi yang didapat oleh pelanggan hanya pada saat pelanggan berkunjung ke Toko Griya Motor Ciawigebang.
3.      Belum adanya sistem yang menerapkan E-commerce dan menyediakan informasi mengenai penjualan aksesoris berbasis Android di Toko Griya Motor Ciawigebang.

1.3  Batasan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :
1.      Pembuatan mobile Android penjualan aksesoris motor sebagai media publikasi yang ditujukan untuk pelanggan dalam pengimplementasiannya menggunakan E-commerce pada Toko Griya Motor Ciawigebang.
2.      Sistem dapat memberi informasi mengenai ketersediaan penjualan aksesoris motor kepada pelanggan melalui aplikasi mobile Android pada Toko Griya Motor Ciawigebang.
3.      Model yang digunakan E-commerce pada Toko Griya Motor Ciawigebang yaitu melalui Business to Customer (B2C) yang dilakukan secara langsung oleh toko kepada pelanggan perseorangan atau secara individu.
4.      Toko online Aksesoris Motor sejenis yang digunakan sebagai pembanding yaitu www.ModifMotor1.comwww.PasswordRacing.com, dan www.MotorVariasi.net.
5.      Pembuatan sistem ini menggunakan Eclipce, Java SDK dan Notepad++ pada Toko Griya Motor Ciawigebang.

1.4  Pertanyaan Penelitian

Bagaimana E-commerce dapat memberikan informasi penjualan dan melayani pelanggan dalam melakukan pembelian berbasis mobile Android pada Toko Griya Motor Ciawigebang?

1.5  Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan menjadi pokok pembahasan yang akan diangkat oleh penulis adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana proses pembelian yang diterapkan pada Toko Griya Motor Ciawigebang?
2.      Bagaimana merancang sebuah sistem yang dapat membantu pelanggan mendapat informasi berbasis mobile Android pada Toko Griya Motor Ciawigebang?
3.      Bagaimana merancang sistem yang dapat mengimplementasikan E-commerce aksesoris motor pada Toko Griya Motor Ciawigebang berbasis mobile Android?

1.6  Metodologi Penelitian

1.6.1             Metode Pengumpulan Data

Metode penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1.      Wawancara
Melakukan tanya jawab pada pemilik Toko Griya Motor Ciawigebang agar penelitian yang dilakukan  sesuai dengan masalah yang terjadi serta mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
2.      Observasi
Melakukan observasi dengan mengamati proses apa saja yang terjadi dan berdasarkan pengalaman sebagai pelanggan Toko Griya Motor Ciawigebang.
3.      Studi Pustaka
Dengan cara mencari referensi-referensi dari buku maupun internet sebagai bahan acuan dalam penyelesaian penelitian ini.

1.6.2             Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak:

Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan model waterfall, pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau berturut.
Gambar 1.1 Model Waterfall (Rosa dan Shalahuddin, 2013)
Adapun penjelasan dari model waterfall adalah sebagi berikut:
1.    Analisis
Proses pengumpulan kebutuhan dilakukan secara intensif untuk mespesifikasikan kebutuhan perangkat lunak agar dapat dipahami perangkat lunak seperti apa yang dibutuhkan oleh user. Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak pada tahap ini perlu untuk didokumentasikan.
Pada tahapan ini penulis mempelajari mengenai karakteristik yang dibutuhkan untuk membuat sistem yang sesuai dengan proses bisnis yang terjadi, dan mencari apa saja yang menjadi permasalahan yang dihadapi oleh Toko Griya Motor Ciawigebang ini, dan mulai  melakukan pengumpulan data yang dibutuhkan.
2.    Desain
Desain perangkat lunak adalah proses multi langkah yang fokus pada desain pembuatan program perangkat lunak termasuk struktur data,arsitektur perangkat lunak, representasi antarmuka, dan prosedur pengkodean. Tahap ini mentranlasi desain agar dapat diimplementasikan menjadi program pada tahap selanjutnya. Desain perangkat lunak yang dihasilkan pada tahap ini juga perlu didokumentasikan.
Pada tahapan ini penulis menggambarkan bagaimana sistem akan dibuat dengan melakukan perancangan data, memilih basis data yang akan digunakan untuk membangun sistem. Perancangan arsitektur dengan menggunakan tools yang dapat menggambarkan sistem, dan melakukan perancangan antar muka.
3.    Pembuatan Kode Program
Desain harus ditranslasikan ke dalam program perangkat lunak. Hasil dari tahap ini adalah program komputer sesuai dengan desain yang telah dibuat pada tahap desain.
Pada tahapan ini penulis sudah mulai melakukan pengkodean program sesuai dengan kebutuhan yang sudah didefinisikan pada tahap desain, dan  melakukan dokumentasi kode.
4.    Pengujian
Pengujian fokus pada perangkat lunak secara dari segi lojik dan fungsional dan memastikan bahwa semua bagian sudah diuji. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan (error) dan memastikan keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.
Pada tahapan ini penulis melakukan pengujian untuk memastikan apakah sistem yang dibangun sudah sesuai dengan apa yang telah harapkan atau belum dengan menggunakan blackbox testing dan whitebox testing, dan mencari kesalahan pada sistem dan memperbaiki kesalahan pada sistem.
5.    Pendukung (support) atau Pemeliharaan (maintenance)
Tahap pendukung atau pemeliharaan dapat mengulangi proses pengembangan mulai dari analisis spesifikasi untuk perubahan perangkat lunak yang sudah ada, tapi tidak untuk membuat perangkat lunak yang baru.
Tahapan ini penulis melakukan pemeliharaan pada sistem yang sudah mulai implementasikan, melakukan perbaikan jika terjadi kesalahan pada sistem.

1.7  Tujuan Penelitian

Adapun tujuan saya dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Membangun sebuah sistem aplikasi E-Commerce pada Toko Griya Motor Ciawigebang yang  mampu memberikan informasi kepada pelanggannya.
2.      Membangun sebuah sistem agar pelanggan dapat melakukan pembelian secara online.
3.      Menyelesaikan masalah penjualan yang dihadapi oleh Toko Griya Motor Ciawigebang yang tergolong manual dengan bantuan teknologi komputer.

1.8  Manfaat Penelitian

1.      Sistem aplikasi E-Commerce pada Toko Griya Motor Ciawigebang berbasis mobile Android akan menunjang dalam memperkenalkan Toko Griya Motor Ciawigebang ke lingkungan yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan.
2.      Pelanggan mengetahui aksesoris motor yang ada di Toko Griya Motor Ciawigebang secara online melalui mobile Android.
3.      Pemilik dapat melakukan promosi penjualan menggunakan sistem aplikasi E-Commerce secara online melalui mobile Android pada Toko Griya Motor Ciawigebang.

1.9  Jadwal Kegiatan Penelitian

Jadwal pembuatan penelitian direncanakan akan dimulai bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2016. Berikut ini adalah tabel susunan kegiatan yang akan dilaksanakan selama skripsi:

Tabel 1.1. Tabel Jadwal Kegiatan Penelitian
No
Kegiatan
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Analisis kebutuhan perangkat lunak




















2
Desain




















3
Pembuatan kode program




















4
Pengujian




















5
Pendukung/ Pemeliharaan

























DAFTAR PUSTAKA
Purbo, W, Onno. 2001, Buku Pintar Internet Membangun Web E-Commerce, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Komputer, Wahana. 2006, Apa dan Bagaimana E-Commerce, ANDI, Yogyakarta.
Rachmawati, Pramyta, Ayu. 2012, Aplikasi Pengatur Pola Hidup Sehat Berbasis Android, UPN Veteran, Jawa Timur.

Hermawan S, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Penerbit Andi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Cap Nemo Ceuking - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -