Posted by : Unknown
Senin, 05 Maret 2018
1.1
Latar
Belakang Masalah
Perkembangan teknologi
yang kian lama semakin meningkat mendorong sifat manusia untuk memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan sebaik –
baiknya. Munculnya berbagai jenis perangkat elektronik dan aplikasi -
aplikasi yang semakin berkembang serta berkembangnya
internet yang sekarang dapat di
nikmati hampir bisa di mana saja. Selain itu munculnya sistem operasi mobile yang bernama Android yang memiliki performa dan kinerja yang layak dengan sebutan
smartphone bagi ponsel yang
menggunakan sistem operasi tersebut.
Dalam
bisnis, pelanggan merupakan faktor yang sangat penting dan nyawa bagi sebuah
perusahaan. Hubungan perusahaan tidak hanya berhenti pada ”kepuasaan” pelanggan
tapi bisa lebih jauh lagi, sampai tahap loyalitas. Dimana dengan terciptanya
loyalitas pelanggan akan membuat pelanggan tersebut terus membeli produk dari
perusahaan, merekomendasikan produk dari perusahaan kita kepada teman,
keluarga, dan kenalan mereka sehingga besar kemungkinan bisa menambah pelanggan
bagi perusahaan. Hal tersebut bisa meningkatkan jumlah penjualan
perusahaan. Karena setiap perusahaan mengetahui bahwa untuk mendapatkaan
pelanggan yang baru biayanya akan lebih besar jika dibandingkan dengan biaya
untuk mempertahankan pelanggan lama yang memiliki loyalitas yang tinggi.
CV. Delta Komputer merupakan salah satu toko servis dan penjualan komputer yang ada di
Kuningan. CV. Delta Komputer adalah Toko Komputer dan Aksesoris yang beralamat di Jl.Jendral Sudirman No.109 Kec. Kuningan Kab. Kuningan, CV. Delta Komputer
Kuningan ini melayani servis, penjualan komputer dan aksesoris komputer.
perkembangan penjualan komputer dan aksesoris pada CV.
Delta Kompter ini masih terkendala beberapa masalah, salah satu permasalahannya yaitu mengenai promosi penjualan komputer dan aksesoris komputer ini yang masih sederhana dan proses pemasaran
yang kurang efektif yaitu Delta Komputer
Kuningan hanya melakukan promosi melalui media cetak
leaflet yang berisi informasi terbaru. Media tersebut belum mencakup pengguna smartphone
yang semakin banyak.
Untuk
meningkatkan kualitas pelayanan dan otomatisasi proses bisnis terhadap
pelanggan ada strategi pemasaran yang berbasis CRM pada upaya menciptakan
hubungan antara pihak perusahaan dengan pelanggan lebih dikenal dengan istilah
CRM Operasional. Menurut Buttle (Diana dan Tjiptono 2007 : 190). CRM
Operasional berfokus pada otomatisasi proses bisnis dalam kaitannya dengan
upaya melayani pelanggan. Berbagai aplikasi perangkat lunak CRM memudahkan
proses otomatisasi pemasaran (seperti segmentasi pasar, manajemen komunikasi
pemasaran, event-based-marketing),
penjualan (di antaranya lead manajemen,
manajemen kontak pelanggan, dan konfigurasi produk), dan fungsi layanan
pelanggan (contohnya operasi call center,
web based service dan field service).
Dengan memanfaatkan metode CRM
Operasional ini dapat membantu pihak perusahaan dalam meningkatkan kualitas
pelayanan dan otomatisasi proses bisnis terhadap pelanggan serta mengetahui
prilaku pasar dan pelanggan dengan lebih baik. Akan tetapi aspek manajemen
hubungan pelanggan atau
CRM yang ada di CV. Delta Komputer belum dapat memberikan nilai perusahaan yang
lebik baik kepada pelanggan karena masih dijalankan secara konvensional maka
dari itu perlu memanfaatkan metode CRM Operasinal untuk meningkatkan pelayanan dan
otomatisasi proses bisnis terhadap pelanggan.
Penggunaan sistem berbasis android
sebagai salah satu sarana guna menghasilkan kepuasan konsumen agar terciptanya
loyalitas konsumen sehingga membuat
konsumen tersebut terus membeli produk dari perusahaan. Terbukti setiap harinya permintaan barang oleh konsumen terus meningkat serta servis yang cukup banyak. Maka di
butuhkan suatu pelayanan yang memuaskan konsumen, sarana dari Customer Relationship Manajement (CRM) dapat
menjadi ide untuk pengembangan sistem guna meningkatkan grafik penjualan.
Sistem diharapkan dapat menjadi solusi yang di butuhkan oleh CV. Delta Komputer
Kuningan, sehingga penulis
mengangkat judul : “ IMPLEMENTASI CRM UNTUK
PENJUALAN PADA CV. DELTA KOMPUTER KUNINGAN BERBASIS ANDROID ” yang
diharapkan dapat membantu perusahaan CV. Delta Komputer Kuningan dalam meningkatkan
mutu dan kualitas perusahaannya di mata para pelanggan.
1.2
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat teridentifikasi beberapa masalah diantaranya sebagai berikut :
1. Penjualan
dan pemesanan produk yang ada pada CV. Delta Komputer Kuningan masih dilakukan secara
tradisional dimana konsumen harus datang langsung ke tempat untuk melakukan
pembelian atau pemesanan produk yang sesuai dengan keinginan.
2. Untuk
mempromosikan produk yang dijual, pemilik hanya mempromosikannya dari mulut ke
mulut saja sehingga konsumen yang berada diluar kota Kuningan tidak dapat
mengetahui informasi mengenai keberadaan dari CV. Delta Komputer Kuningan.
3. Belum
adanya sistem yang menerapkan Customer
Relalationship Management dan menyediakan informasi mengenai penjualan dan
pemesanan produk yang berbasis Android di
CV. Delta Komputer Kuningan.
1.3
Batasan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :
1. Sistem
dapat memberi informasi mengenai ketersediaan penjualan aksesoris komputer
kepada pelanggan melalui aplikasi mobile Android pada CV. Delta Komputer Kuningan.
2. Pada
penerapan CRM akan memberikan fasilitas reward atau point yang dapat ditukarkan
dengan gift dari CV. Delta Komputer Kuningan.
3. Adanya
inbox yang langsung ditujukan kepada CV. Delta Komputer Kuningan untuk menerima kritik,
saran maupun masukan dari pelanggan, serta mengetahui keinginan, pertanyaan dan
keluhan dalam rangka menciptakan hubungan baik dengan para pelanggan.
4. Memberikan
hak akses yang berbeda antara pengelola dan pelanggan.
5. Adanya pemberitahuan/notifikasi
barang baru kepada pelanggan.
6.
Pembuatan sistem ini menggunakan Eclipce,
Java SDK, XAMPP dan MySQL pada CV. Delta Komputer Kuningan.
1.4
Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian
dari latar belakang maka dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana cara mengimplementasikan aplikasi penjualan komputer dan aksesoris berbasis
android menggunakan metode Operasional CRM
di CV. Delta Komputer
Kuningan suatu sistem agar dapat
memudahkan konsumen dan meningkatkan keuntungan dari segi penjualan.
1.5
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan
penulis dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Mengimplementasikan model CRM pada CV.
Delta Komputer Kuningan sebagai
proses bisnis.
2.
Memperluas jangkauan
pemasaran CV. Delta Komputer Kuningan.
3. Menyelesaikan
masalah penjualan yang dihadapi oleh CV. Delta Komputer Kuningan yang tergolong manual
dengan bantuan teknologi.
1.6 Manfaat Penelitian
1. Sistem
aplikasi CRM pada CV. Delta Komputer Kuningan berbasis mobile Android akan menunjang dalam memperkenalkan CV. Delta
Komputer Kuningan
ke lingkungan yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan
penjualan.
2. Pelanggan
mengetahui komputer dan aksesoris yang ada di CV. Delta Komputer Kuningan secara online melalui
mobile Android.
3. Pemilik
dapat melakukan promosi penjualan menggunakan sistem aplikasi CRM secara online melalui mobile Android pada CV.
Delta Komputer Kuningan.
1.7
Metodologi
Penelitian
1.7.1
Metode Pengumpulan Data
Metode penelitian
yang dilakukan untuk memperoleh data yang
dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1. Wawancara
Melakukan tanya jawab pada pemilik CV.
Delta Komputer Kuningan agar
penelitian yang dilakukan sesuai dengan masalah yang terjadi serta
mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
2. Observasi
Melakukan observasi dengan
mengamati proses apa saja yang terjadi dan berdasarkan pengalaman sebagai
pelanggan CV. Delta Komputer
Kuningan.
3. Studi
Pustaka
Dengan cara mencari referensi - referensi
dari buku maupun internet sebagai bahan acuan dalam penyelesaian penelitian
ini.
1.7.2
Metode Pengembangan Perangkat Lunak:
Metode
yang digunakan dalam pembangunan perangkat yaitu RUP (Rasional Unified Process), RUP menggunakan konsep object oriented, dengan aktivitas
yang berfokus pada pengembangan model dengan mengunakkan Unifield Model
language (UML). Berikut arsitektur RUP :
Gambar 1.1 Model RUP (Kroll dan Kruchten, 2003)
Adapun 4 tahapan
kerja sebagai berikut:
1. Pengumpulan
data
Dilakukan dengan membaca literatur yang
berkaitan dengan pembahasan dan tema yang dibuat. Cara yang dilakukan antara
lain dengan membaca buku android , buku pendukung lain, dan juga dari
situs – situs hasil browsing di internet.
2.
Tahapan analisa
Pada tahapan ini penulis melakukan
penganalisan terhadap perancangan sistem yang akan dibangun dan menentukan
batasan ruang lingkup permasalahan.
3.
Tahapan desain
Dalam
tahapan ini penulis melakukan desain secara lengkap sesuai dengan tahapan
analisa yang sebelumnya.
4.
Tahapan pengujian dan implementasi
Pada
tahapan ini penulis memeriksa kembali dari tahapan analisa dan desain kemudian
akan dilakukan pengujian hasil desain dan berikutnya dilakukan implementasi.
1.8 Sistematika
Penulisan
Sitematika
dalam penulisan skripsi ini dibagi beberapa subbab dengan maksud agar skripsi
ini dapat lebih terperinci dan dapat mempermudah dalam pemahaman masing-masing
bab. Adapun bab-bab tersebut adalah :
BAB
I PENDAHULUAN
Pada
bab ini berisikan tentang uraian Latar Belakang, Identifikasi Masalah, Batasan
Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, Metode
Pengumpulan Data, Metode Pengembangan Perangkat Lunak dan Sistematika
Penulisan.
BAB
II LANDASAN TEORI
Berisikan
tentang teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas pada
skripsi meliputi pengertian CRM, pengertian Android dan Perangkat lunak yang di
gunakan.
BAB III ANALISA DAN
PERANCANGAN
Pada bab ini membahas tentang
analisa masalah yang sedang diteliti serta berisi tahapan-tahapan perancangan
membangun CRM di CV. Delta Komputer yang meliputi rancangan antarmuka,
perancangan proses dan perancangan database.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN
PENGUJIAN
Pada bab ini berisi paparan hasil
dari tahapan penelitian dari tahap analisis, design, implementasi design, hasil
dan testing dan implementasinya.
BAB V PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan hasil
penelitian dan saran yang diberikan untuk mengatasi permasalahan yang diteliti,
serta dapat bermanfaat bagi perusahaan dan sebagai tindak lanjut dimasa yang
akan datang jika terjadi persoalan yang sama.
DAFTAR PUSTAKA
Sholih, Fachrul Barry. (2014). Perancangan Aplikasi Penjualan Batik Berbasis Android. Skripsi.
Jurusan Informatika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Buttle. (2007). Customer Relationship Management: Concept
and Tools. Francis: Bayumedia Publishing, Malang.
Gramlich, N. (2009). Android Programming. United
States: andbook.
O’Brien, J. A. (2002). Customer Relationship Management. McGraw – Hill.
Peelen, E. (2005). Customer Relationship Management. Prentice-Hall, England.
Hermawan
S, Stephanus. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android. Penerbit Andi.
Rossa, A.S dan M Shalahuddin.
(2013) Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat lunak ( Terstruktur dan
Berorientasi objek), Modula, Jakarta.
Gramlich,
N. (2009). Android Programming. United States: andbook.